Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

TOPOLOGI JARINGAN ITU ---

 Apa yang dimaksud dengan topologi jaringan? Dalam jaringan komunikasi, topologi menurut gambaran secara umum adalah skema pengaturan jaringan, termasuk node dan garis yang menghubungkan. Ada dua cara untuk mendefinisikan geometri jaringan: topologi fisik dan topologi logis (atau sinyal).
Topologi fisik jaringan adalah tata letak geometris sebenarnya dari workstation. Ada beberaapa topologi fisik yang umum, seperti yang dijelaskan di bawah ini dan seperti yang ditunjukkan dalam ilustrasi.
Topologi Jaringan

Dalam Topologi Bus, setiap workstation/client terhubung ke kabel utama yang disebut bus. Oleh karena itu, pada dasarnya setiap workstation terhubung langsung ke setiap workstation lainnya dalam jaringan tersebut.

Dalam Topologi Star, ada sebuah komputer pusat atau server yang semua workstation secara langsung terhubung. Setiap workstation tidak langsung terhubung ke workstation lain melainkan harus melalui komputer pusat.
Topologi Star
Pada Topologi Ring, workstation yang terhubung dalam konfigurasi loop tertutup. Pasang berdekatan dari workstation secara langsung terhubung. Pasangan lain workstation secara tidak langsung terhubung, data melewati satu atau lebih node intermediate.
Jika Token Ring adalah protokol yang digunakan dalam topologi star atau ring, sinyal bergerak hanya dalam satu arah, dibawa oleh apa yang disebut sinyal dari node ke node.
Para Topologi Mesh mempekerjakan salah satu dari dua skema, yang disebut full mesh dan mesh parsial. Dalam topologi full mesh, setiap workstation terhubung secara langsung ke masing-masing ke yang lainnya. Dalam topologi mesh parsial, beberapa workstation yang terhubung ke semua ke yang lainnya, dan beberapa yang terhubung hanya untuk mereka node lain dengan yang mereka pertukaran data yang paling.
Topologi Tree jaringan star menggunakan dua atau lebih yang terhubung bersama-sama. Komputer pusat jaringan bintang yang terhubung ke bus utama. Jadi, jaringan tree adalah jaringan bus jaringan star.
Logis (atau sinyal) topologi mengacu pada sifat dari jalur sinyal mengikuti dari node ke node. Dalam banyak kasus, topologi logis adalah sama dengan topologi fisik. Tapi ini tidak selalu terjadi. Misalnya, beberapa jaringan secara fisik diletakkan dalam konfigurasi bintang, tetapi mereka beroperasi secara logis sebagai jaringan bus atau ring.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar